Sharing Pengalaman: Beli Sneakers di Toko Online BNWB

Tidak ada manusia yang sempurna karena kesempurnaan adalah milik Tuhan YME. Maka dari itu, tulisan ini dibuat sebagai tindakan preventif (atau apapun namanya), baik untuk buyer maupun seller, apalagi yang masih kinyis-kinyis.

Awalnya saya memang butuh sepatu dan secara kebetulan lihat ada salah satu seller di instagram yang lagi diskon. Keterangannya sih BNWB made in Indonesia. Kebetulan banget nih dan setelah dilihat ternyata ada sepatu yang sesuai selera. Saya bukan orang yang baru 1-2 kali belanja online, makanya saya cek dulu reputasi seller tersebut. Meskipun ada beberapa yang bilang fake, tapi masih lebih banyak yang bilang original. Pada dasarnya kan kalau belanja online harus percaya a.k.a. khusnudzon, makanya saya langsung melanjutkan transaksi.

Singkat cerita, sepatu udah saya terima. Begitu dicek, kok materialnya beda (dengan di store resmi) dan cacat di sana-sini (bekas sayatan, dsb.)?! Saya coba cek ke forum-forum sneakers dan kesimpulan yang saya dapet adalah kalo barang murah besar kemungkinan bakal ada cacat. Oke saya ngerti, what you paid is what you get. Tapi kok hati berkata lain, rasanya seperti dikhianati. HAHA. Saya rasa gak wajar kalo cacat yang harus diterima itu sampe bekas sayatan dan beberapa lubang ekstra.

Saya coba kontak seller untuk minta tukar. FYI, di seller ini ada ketentuan no booked & no refund, jadi kalau minta tukar harusnya bisa ya. Kondisinya waktu itu ukuran saya udah habis tapi setelah tanya ke seller ternyata masih ada. Akhirnya sepatu pengganti saya terima, jauh lebih bagus dari sebelumnya meskipun ada beberapa detail yang beda dengan official store. Oke lah, gapapa kalo itu. Tapi sayangnya adalah ukuran sepatu tersebut ga sesuai dengan ukuran yang saya pesan. Saya tanya lagi ke sellernya, dan ternyata mereka berasumsi bahwa beda 0,5 cm ga masalah buat saya. Padahal buat saya sebaliknya.

Pada akhirnya, saya minta refund karena ukuran yang seharusnya emang udah habis. Untungnya dikabulkan. Untungnya lagi, kemudian saya dapet sepatu BNIB dengan harga sangat miring. Pengalaman yang kurang mengenakan ini bikin saya penasaran, apakah Made in Indonesia dan BNWB itu cuma pembenaran aja dari seller untuk bilang bahwa sepatunya ori (padahal kw)?

Sedikit tips dari saya, anggap lah saya orang awam, ketika mau beli online:

  1. Pilih seller yang pake foto asli, bukan “stock photo”. Kenapa? Karena kalo fotonya ga asli, bisa jadi itu dropshiper dan akan lebih susah kalo ada masalah.
  2. Pilih seller yang bisa retur dan/atau refund. Sebenernya sih masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Logikanya kalo seller terima retur/refund, berarti seller punya kendali penuh terhadap barang yang dijualnya sehingga kemungkinan besar bukan dropshiper.

Berarti dropshiper jelek ya? Saya ga bilang gitu dan saya yakin banyak kok dropshiper yang bagus. Pengalaman yang saya alami kan sedikit banyak dipengaruhi human error, hal yang tak terduga karena manusia tidaklah sempurna.

Tulisan ini dikirim oleh pembaca BC. Masih ada kaitan dengan postingan berikut: Rekomendasi toko online sepatu original terpercaya #2. Judulnya aja pengalaman, jadi sifatnya subjektif. Peace out!


Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such file or directory in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527

Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such device in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527

Fatal error: require(): Failed opening required '/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper/' (include_path='.:/usr/share/php') in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527