Cara membedakan Air Jordan 1 Retro High OG “Shattered Backboard 3.0” ori & kw

Seperti biasa, curhat sedikit dulu. Bisa diskip kok. Saya udah lama banget gak cop sepatu yang bukan brand lokal kan. Tapi AJ1 SBB 3.0 ini godaan banget buat saya. Kombinasi warnanya itu lho. Plus creased, eh, crinkled patent leather-nya juga. Terlebih ada yang jual size saya dengan harga lumayan stildil. Sampai saat saya kurasi konten ini sih masih belum beli, gatau deh nanti, hehe. Sekarang, ayo langsung breakdown saja.

1Overall (side view)

aj1 sbb 3.0 ori kw

Menurut KLEKT, membandingkan AJ1 SBB 3.0 yang original dengan yang KW ini jadi salah satu yang paling sulit. Seri ketiga dari Shattered Backboard ini mendapatkan ulasan yang variatif, ya kalo gak hit ya miss. Walau begitu, rilisan ini masih tetap dapat hype-nya sendiri, terutama karena materialnya: patent leather dengan finishing yang sengaja creased.

2Kualitas material

aj1 sbb 3.0 ori kw material

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa daya tarik utama sneaker ini (mungkin) adalah material patented leather dengan creased finish. Nah, material leather pada real pair itu berkilau banget dan crease-nya di hampir semua bagian sepatu. Sedangkan pada fake pair, crease-nya gak semasif itu.

Di gambar, inset no (2), bisa dilihat lebih jelas kalau real pair lebih shiny dan creased, terutama pada bagian tengah sepatu dan di sekitar Swoosh. Fake pair tidak se-creased dan se-glossy kalau dibandingkan real pair.

Dengan kata lain, kualitas material fake pair tidak se-premium yang asli lah ya. Walau begitu, kalau dari kejauhan gak bakal kelihatan bedanya. Jadi harus lebih hati-hati terlebih kalau kamu mau beli SBB 3.0 dari seller yang gak trusted-trusted amat.

Logo

(1) Logo Air Jordan pada real pair itu diprint, jadi kalau dipegang dengan jari jadinya lebih alus. Sedangkan pada fake pair, tinta print-nya lebih tebal dan jadinya kayak di-emboss. Kualitas printing-nya juga lebih detail kalo di real pair mah.

3Heel

aj1 sbb 3.0 ori kw heel

Semoga perbandingan SBB 3.0 ori & kw jika dilihat dari bagian heel-nya bisa memberikan perbedaan yang cukup jelas ya.

Shape

(1) Jordan 1 High yang asli pasti punya shape atau bentukan sepatu yang ala-ala hourglass gitu deh (lu kata bentuk tubuh ha?) yang sepertinya si pabrikan fake kali ini bodo amat sama shape keseluruhan. Ya karena shape untuk fake pair lebih tinggi dan lurus-lurus saja tanpa real curves.

Jahitan

(2) Lumayan jelas bukan perbedaan kualitas jahitan antara real dan fake pair? Yang KW jahitan benangnya lebih rapat-rapat, sedangkan jahitan benang yang ori lebih spaced alias longgar jaraknya.

Sole

(3) Tekstur sole pada real pair itu lebih tajam/sharp dengan grain atau geronjalan yang lebih jelas. Kalau dipegang, sole-nya real pair juga terasa lebih kasar daripada yang fake pair.

Tekstur/pola grain dari fake pair rasanya lebih alus aja dan tidak begitu terdefinisi jika dibandingkan dengan real pair. Juga, divots pada sole juga lebih lurus dan clean cut kualitasnya pada real pair.

4Detail

aj1 sbb 3.0 ori kw detail

Tadi kan udah perbandingan dari sisi heel, sekarang balik ngezoom lagi bagian samping ya. Iya-iya, kalau dari jauh emang gak kelihatan inimah.

Tinggi

(1) Karena shape-nya fake pair lebih lurus dan tanpa curve, jadi tinggi keseluruhan sepatu juga lebih tinggi sekitar 1cm dari real pair.

Jahitan

(2) Warna benang jahit pada real pair adalah orange tua. Antara double stitching juga ada jaraknya antar satu sama lain.

Dengan kata lain, warna benang jahit pada fake pair adalah orange yang lebih muda; jarak jahitan lebih rapat.

Panel

(2) Panel-panel di bagian heel fake pair tabrakan sama Nike Swoosh jadi ada crease deh di situ. Pada real pair, heel panel-nya nindih di atas logo centang tersebut jadinya gak ada creasing.

Sole

(3) Warna benang jahit dan warna sole pada real pair lebih tua. Terutama warna benang jahitnya tuh, di fake pair warnanya putih.

aj1 sbb 3.0 ori kw tag toe

Untuk menutup komparasi SBB 3.0 kali ini, ada dua detail tambahan yang tidak kalah penting nih.

Tongue tab

(1) Beda jauh lah ya sekiranya kalau dilihat dari gambar, untuk perbandingannya. Tulisan pada tag real pair lebih rapi.

Toe box

(2) Shape toe box untuk real pair ini samaan lah ya sama hampir semua Jordan 1’s. Sedangkan untuk fake pair itu dia shape-nya lebih lopsided dan kalau dilihat dari atas (aerial view) gak kelihatan sol-nya.

(3) Lubang-lubang kecil (perforations) pada toe box SBB 3.0 ori cutting-nya bagus dan rapi. Plong-plongannya jelas lah kualitasnya. Sedangkan untuk fake pair sendiri, lubang-lubangnya cenderung lebih besar dan waktu ngeplong sepertinya kurang pakai hati, jadinya doi lubangnya kayak kurang berlubang alias punya less-defined edges.

Yep, kurang lebih di atas itu tadi detail-detail yang bisa OP temukan pada AJ1 Shattered Backboard 3.0 yang membedakan fake pair dengan real pair. Pastikan hanya cop sneaker kece satu ini dari plug yang terpercaya. Semoga bermanfaat!

P.S.
Konten ini sifatnya hanya sebagai tambahan referensi.
Jangan langsung percaya 100% sama seller maupun informasi yang kalian dapat.
Meskipun itu sesepuh, direkomendasikan influencer, reputasi bagus, nama besar.
Selalu lakukan double check. Triple check, bahkan.
DISCLAIMER ON.


Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such file or directory in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527

Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such device in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527

Fatal error: require(): Failed opening required '/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper/' (include_path='.:/usr/share/php') in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1527