Cara membedakan Air Jordan 1 Retro Low Travis Scott ori & kw

Mas Travis Scott memang ga ada matinya. Setelah AJ1 Retro High, sekarang waktunya Nike Air Jordan 1 low ‘Travis Scott’ yang bakal dibikinin komparasi ori vs. kw nya. Tentu saja sneaker yang cukup unik ini juga banyak yang produksi fakes-nya. Seperti collab-an yang lain dari mz Travis Scott, ada detail-detail unik yang harus diperhatikan saat kita membedakan authentic dan fake pair.

Nike Air Jordan 1 Retro Low asli vs. palsu
Travis Scott

aj1 low travis scott ori kw 2

Setidaknya saat komparasi ini dibuat, versi kw alias fake yang dibandingkan kali ini merupakan versi kw yang terbaik. Tapi tetep kok, ada lah bedanya dengan rilisan retail yang original. Mari langsung saja dibreakdown.

1Box & packaging

aj1 low travis scott ori kw box

Kalau ditumpuk begini memang bisa kelihatan jelas bedanya.

(1)
Warna box yang kw itu warnanya cokelat yang lebih muda kalau dibandingkan dengan box yang ori.

(2)
Warna merah pada Nike Swoosh dan kualitas printingnya lebih vibrant (apa ya ini Bahasa Indonesianya? semacam… nyala/mentereng?). Sedangkan kalau di box yang ori, warna swoosh nya ya klasik warna merah kaya kebanyakan box Air Jordan pada umumnya.

(3)
Ukuran printing tulisan ‘Nike’ dan logo Swoosh pada box sepatu kw lebih besar dan lebih banyak makan tempat di area permukaan box. Sekadar informasi, kali ini sepatu yang dibedakan (antara yang ori dan kw) itu size-nya sama. Jadi harusnya ukuran box nya juga sama dong, gak bisa ngeles “halah yang dibandingin sizenya beda, jadi ada kemungkinan size box nya juga beda”. Oh tidak bisa begitu, Ferguso.

aj1 low travis scott ori kw packaging

Kalau gambar yang di atas ini highlight nya ada di wrapping paper alias kertas pembungkus yang dipakai di dalam box. Versi sepatu kw menggunakan tinta warna hitam yang karakteristik printingnya tebal gitu deh, tapi kertasnya sendiri tipis banget, hampir setipis tissue. Versi sepatu ori nya printingnya jelas tapi warnanya gak segelap atau setebal yang di versi kw. Sebagai tambahan, jenis finishing kertasnya ini di bagian bawah matte, di bagian atas glossy.

2Tali sepatu

aj1 low travis scott ori kw shoelaces

Tali sepatu pada AJ1 low Travis Scott ini jadi salah satu detail yang bagus buat dibandingin.

(1)
Tali sepatu sepatu original yang warna merah, jenis tali sepatunya flat dan waxed. Di sisi lain, yang kw ya sama, flat, tapi gak waxed.

(2)
Perbedaan kualitas tali sepatunya cukup jelas lah ya. Kalau tali sepatu ori yang warna pink itu dia lebih tebal dan warna pink nya lebih ke dusty pink gitu. Sebagai tambahan, tali sepatu kw yang warna pink lebih tipis dan kualitasnya lebih jelek.

3Upper

aj1 low travis scott ori kw upper

Ada banyak perbedaan yang bisa diamati di bagian upper saat kita membandingkan sneaker AJ1 low ini.

(1)
Toe box pada real pair warnanya lebih gelap daripada yang fake. Lubang-lubang kecil (perforation holes) di sepatu yang kw malah lebih clean cut daripada di yang ori.

(2)
Warna suede pada sepatu kw cokelatnya lebih muda jika dibandingkan dengan sepatu yang ori. Selain itu, warna benang jahit yang digunakan di sepatu kw ini gak konsisten, kadang warna gelap kadang warna terang. Sepatu yang ori pake warna benang jahit yang sama di sepanjang bahan suede.

(3)
Tali sepatu yang ori ini kelihatan lebih shiny ya karena emang ada waxing coat nya.

4Kualitas jahitan

aj1 low travis scott ori kw stitching

Gambar di atas ngezoom perbedaan kualitas yang berhasil ditemukan.

(1)
Logo di heel dijahitnya agak ngaco kalo di sepatu yang kw dan warna merahnya beda kalau dibandingkan dengan yang ori.

(2)
Jahitan di sepatu kw bagian samping itu agak melengkung, sedangkan kalau di sepatu ori, lurus.

(3)
Kualitas bahan kulit (leather) dan jahitan di Swoosh gak bagus-bagus amat kalau di fake pair. Udah gitu ujung-ujungnya kayak kesobek gak jelas gitu. Kalau di real pair, jahitannya rapi dan ujung-ujungnya jelas tajam, terdefinisi dengan baik.

5Black light test

aj1 low travis scott ori kw uv

Komparasi ori vs. kw seperti kurang afdol kalau tidak dilengkapi dengan sinaran black light (UV).

Perbedaan paling jelas yang kelihatan ini ada pada tongue tag ‘Nike Air’.

Saat disinari sinar UV, pada sepatu yang ori, tongue tag nya nyala. Kalau di sepatu yang kw, gak nyala.

Udah, segitu dulu buat komparasi kali ini. Semoga bermanfaat ya. Yang mau beli, semoga gak dapet zonk deh, mengingat nih sepokat kan gak murah…

P.S.
Konten ini sifatnya hanya sebagai tambahan referensi.
Jangan langsung percaya 100% sama seller maupun informasi yang kalian dapat.
Meskipun itu sesepuh, direkomendasikan influencer, reputasi bagus, nama besar.
Selalu lakukan double check. Triple check, bahkan.
DISCLAIMER ON.


Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such file or directory in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1532

Warning: require(/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper): failed to open stream: No such device in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1532

Fatal error: require(): Failed opening required '/var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-content/plugins/td-standard-pack/Newspaper/' (include_path='.:/usr/share/php') in /var/www/html/bootleg.poloskaos.com/wp-includes/comment-template.php on line 1532